Selasa, 17 Januari 2017

Manfaat Air dari Berbagai Lini Kehidupan



           Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Dari hal yang paling mendasar saja, tanpa air kita tidak bisa mandi dan membersihkan badan, tanpa air kita tidak bisa makan dan minum. Sayur-sayuran pun tak bisa tumbuh tanpa air, bahkan makanan instant pun tak mungkin menjadi instant tanpa adanya air.
Terlepas dari semua hal yang mengkhawatirkan jika kita hidup tanpa air, banyak hal menarik dari tiga huruf penuh makna ini. Berbagai manfaat dari air pada intinya seperti,  sektor pariwisata, sektor energi, sektor usaha, dan lain-lain.
Pada sektor pariwisata banyak sekali wisata menarik yang menggunakan air sebagai inti dari wisata tersebut. Mulai dari wahana air, seperti The Junggle, SnowBay Waterpark, Transera Waterpark. Itu baru sekian nama-nama wahana air yang ada di sekitaran Ibukota. Masih banyak lagi arena khusus air yang dibuat untuk memacu adrenalin para pengunjungnya, seperti arum jeram dan ski air. Untuk yang ingin melihat keindahan bawah laut dapat mencoba olahraga diving atau snorkling.

Di sektor energi, tenaga air merupakan salah satu yang paling lama digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Indonesia. Dengan bentuk negara kepulauan, Indonesia memiliki cadangan air yang luas dan cukup untuk dimanfaatkan, salah satunya untuk pembangkit listrik atau yang lebih dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Saat ini ada enam puluh PLTA yang terbesar yaitu PLTA Cirata yang berada di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pembangkit ini memiliki memiliki kapasitas terpsang 1.008 Mega Watt (MW). Yang unik, pembangkit listrik ini ternyata berada di kedalaman 200 meter dari permukaan tanah. Pembangkit ini dibangun jauh berada di dalam perut bumi yang dilubangi. Hal ini membuat fasilitas pembangkit hanya bisa diakses lewat terowongan dengan panjang sekitar 1 kilometer.

                              PLTA Cirata

Selanjutnya pada sektor usaha, air menjadi dalang utama munculnya berbagai usaha bisnis, mulai dari usaha kecil sampai usaha besar. Dengan adanya taman rekreasi air sebagai objek wisata, dapat mendorong usaha-usaha kecil untuk mencari untung, ada yang membuka stand-stand di dalam ataupun diluar taman rekreasi air. Diantara lainnya juga seperti bisnis penginapan, dari yang biasa tapi nyaman, sampai yang luar biasa dan sangat nyaman, semua hampir ada setiap objek-objek wisata. Bisnis penginapan biasanya dibanderol dengan harga 150 ribu/malam, biasanya penginapan ini disewakan oleh penduduk sekitar bagi pengunjung yang ingin bermalam. Untuk penginapan yang berkelas biasanya posisinya tidak terlalu dekat dengan objek wisata, namun tentunya ada kelebihan tersendiri dalam hal kenyaman dan keamanan. Objek wisata air yang cocok untuk bisnis penginapan ini seperti di Air Terjun, Curug, Danau, serta Laut dengan keindahannya.
 
          

Bukan hanya itu saja, dari air kita juga mendulang uang dari berternak ikan di kolam atau empang. Biasanya masyarakat sekitaran Jawa Barat dan Jawa Tengah sering membudidayakan ikan-ikan air tawar untuk kebutuhan konsumsi, seperti ikan mas, lele, dan bawal.

Selain itu, dengan sumber daya air yang melimpah, membuat banyak perusahaan menjadikan air sebagai bahan baku utama dalam menjual  produknya. Sebut saja air mineral dalam kemasan yang sekarang sudah muncul berbagai merk dengan jenis dan keunggulannya tersendiri. Lalu ada air isi ulang di setiap lingkungan warga juga salah satu bisnis yang menguntungkan.

Dari semua penjabaran di atas, tentang banyaknya manfaat air bagi kehidupan manusia yang dilihat dari berbagai bidang. Ini menunjukkan betapa pentingnya air dalam siklus umur hidup manusia, maka sudah sepatutnya kita sebagai manusia yang berakal untuk senantiasa menjaga ketersediaan air yang melimpah di bumi dengan sebaik-baiknya. Dengan memenuhi kebutuhan air sewajarnya, dan tidak melupakan hak binatang, dan tumbuhan untuk juga mendapatkan air. Dengan begitu, sudah pasti alur siklus kehidupan manusia akan terus berjalan sesuai waktunya. Ps; Tiga huruf penuh makna ini memang hebat!

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar